Selasa, 06 April 2010

Berkendara Aman di Tengah Kemacetan

Selain lebih irit bahan bakar, alasan lain yang membuat orang memilih menggunakan motor untuk bepergian adalah waktu tempuh yang relatif lebih cepat. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa bentuk
Sepeda motor yang ramping sangat memungkinkan untuk menyelip di antara kendaraan yang lain saat macet.
Namun kenyataan itu pula yang kerap membuat beberapa pengendara sepeda motor bersikap sembrono ketika lalulintas mengalami kemacetan. Tak jarang sikap inilah yang akhirnya memicu kecelakaan yang terjadi di jalan raya.
Berusaha untuk selalu terlihat dengan pengendara lain adalah hal utama yang harus dilakukan oleh para pengendara motor. Hal ini bisa dilakukan dengan tidak asal nyelonong saat akan berbelok atau saat mendahului. Gunakan lampu sein, klakson atau lampu dim sebelum melakukan hal di atas. Anda bisa menambahakan scotelite atau “mata kucing” pada beberapa bagian motor, kemampuan benda ini untuk memantulkan cahaya memungkinkan Anda dapat terlihat oleh pengguna jalan lain.
Sangat dianjurkan untuk melakukan manuver-manuver di antara pengguna jalan yang lain, karena para pengguna jalan yang lain tidak menegetahui arah mana yang akan dituju pengendara motor.
Kalau sudah begini tak jarang kecelakaan yang fatal malah terjadi. Untuk menghindari hal tersebut pastikan lampu sein menyala sebelum Anda berpindah jalur, dan jangan lupa untuk memastikan jalur yang akan ditempuh itu sudah aman.
Perilaku lain yang patut diberi perhatian adalah untuk menghormati pengguna jalan yang lain. Memotong jalan secara tiba-tiba, berhenti jauh di depan garis putih ketika lampu merah menyala dan naik ke atas trotoar adalah perilaku yang harus dijauhi.
Demi keamanan diri sendiri dan orang lain kendarai motor dalam batas kecepatan yang wajar. Dengan cara ini kamu juga bisa berhemat bensin, memperpanjang usia mesin, dan komponen motor yang lain. Perhatikan juga kondisi jalan di depan Anda, usahakan untuk tetap menjaga jarak dengan kendaraan didepan paling tidak 2 detik berselang.
Sumber : kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar